Thursday 22 August 2013

Masa Remaja Pada Batas Dewasa Awal

Pengertian kedewasaan sebagai suatu fase dalam perkembangan (Wijngaarden, 1963; Andriesen, 1974) di pandang dari beberapa segi sebetulnya kurang tepat.

Dewasa dalam bahasa belanda adalah "volwassen" "Vol" = Penuh dan "wassen" = tumbuh, sehingga "Volwassen" berarti "sudah tumbuh dengan penuh" atau "selesai tumbuh".

Wessss ! Mantep ya kalimatnya :D Hehehehee ! Itu bukan kata kata Mimin, itu Mimin ambil dari buku Psikologi Perkembangan, Bab 6, Tahun 2004.
Jadi, kali ini apa yang kita bahas?
Yaaa Benar !
"Masa Remaja Pada Batas Dewasa Awal"
Oke Cekidot !

Menurut ahli psikoligi, seseorang dikatakan dewasa pada umur 18 tahun sampai dengan 25 tahun. Namun di Indonesia sendiri, seseorang dikatakan dewasa pada umur 21 tahun atau 25 tahun karena sudah dapat melakukan kewajiban serta hak hak dalam peraturan di Indonesia.
Lain lagi di Netherland yang mengundang-undangkan batas batas umur antara 14 tahun dan 25 tahun yang dimaksud untuk perlindungan para remaja terhadap masyarakat dan sebagian sebagai perlindungan masyarakat terhadap remaja yang dikemukakan oleh Jonkergouw(1971) pada Undang-Undang Netherland No. 42.
Dengan begitu maka istilah kedewasaan lebih menunjuk pada suatu pengertian sosiologis daripada perkembangan psikologisnya atau bisa dibilang bahwa tugas-tugas perkembangan pada masa ini ditentukan oleh masyarakat yaitu kawin, membangun suatu keluarga, mendidik anak, memikul tanggung jawab sebagai warga negara, dan melakukan suatu pekerjaan profesi. Jadi intinya, status Anak-Anak, Remaja, Dewasa dan Tua didapat dari pandangan masyarakat luas kepada kita.
Memang seperti itulah di Indonesia ini, banyak remaja remaja yang produktif tidak diperdulikan dalam menghasilkan atau menciptakan sesuatu secara bersama sama dengan orang yang lebih tua dari dirinya, karena apa? Indonesia masih menganggap kedewasaan itu hanya dari umur tidak dari cara berpikir atau sikap psikologisnya.

Jadi buat Sahabat Blog jangan pernah takut di bilang masih anak-anak untuk berkreasi dan bersuara untuk Indonesia ini, karena suatu saat nantik kita juga akan mengganti orang orang yang duluan daripada kita karena batas kedewasaan itu sesungguhnya bertempat pada cara berpikir dan sikap kita.

Atau kalo masih bingung sama yang namanya batas dewasa awal, ada kok cara gampang untuk mengetahui kita itu Anak-Anak, Remaja atau Dewasa.
Caranya cobak aja deh sahabat blog pangkas Rambut, terus kalo udah selesai pangkas rambut, tanyain sama abang yang mangkas rambut berapa biayanya.
Daaaaaan...
Kalo si Abang bilang :
"10000" berarti Sahabat Blog "Anak-Anak"
"12000" berarti Sahabat Blog "Remaja"
"15000" berarti Sahabat Blog "Dewasa"
GAMPANG KAN ?
Hehehheheee ! Bercanda aja tu, jangan di anggap serius gitu lah :p

Intinya adalah Kedewasaan yang berarti sudah tumbuh dengan penuh kita dapat dari cara berpikir atau sikap psikologis kita dan tak perlu takut untuk cepat berkembang selagi masih dalam hal yang sah sah saja dan juga masih dalam norma yang berlaku. Karna kita pun bisa membuat perubahan yang baik juika kita mau berpikir dan bersikap dewasa meski kita masih 18 atau 20 tahun.

Naaaah ... Sekarang apa lagi yang ditakutin untuk membuka suara dan melakukan aksi cemerlang yang sudah lama disimpan dalam benak.

Mimin tunggu gebrakan dari Sahabat Sahabat Blog yang cetar membahana badai tsunami gempa longsor hujan meteor ledakan matahari ! Beeeeeh ganas :p Hehehee

OK OK OK !
Sekian dulu dari mimin, seperti biasa ada kotak komentar tu dibawah, silahkan berkomen ria ;)

Komentar atau Kritik dan Saran silahkan tinggalkan di KOMENTAR !

Semoga Ketikan Keyboard Ane bisa bermanfaat buat Sahabat Blog !
TERIMA KASIH !!

6 comments:

  1. wah gawat ini skrang si mimin :D sudah pake bahasa belanda semoga nanti dipostinganya berikutnya bisa pake bahasa arab hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa :D
      Bisa aja nih bapak :p
      Sip ! Yang penteng sereng2 mampir :)

      Delete